Sexy Banget

Kamis, 02 Desember 2010

Sekilas Info K. A.Steenbrink

Temuan-temuan tentang Islam, memang telah memberikan gambaran tersendiri, baik terhadap umat Islam maupun dalam (keilmuan) barat. Kajian orientalisme ternyata memiliki akar tradisi yang cukup panjang di dunia akdemik barat. Orientalisme tumbuh dan berkembang, seiring dengan berbagai kepentingan yang mengitarinya sejak berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus tahun yang lalu. Sebagai sebuah keilmuan, orientalisme sulit untuk bisa terbebas dari unsure-unsur kepentingan di luar keilmuan dalam melihat dunia Timur dan dunia Islam. Hal ini telah menimbulkan stigma di kalangan umat Islam bahwa apapun yang dikatakan sarjana Barat tentang islam akan selalu di curigai.
Dari aspek inilah penulis mencoba untuk mengkaji salah satu dari orientalisn yakni Karel A.Steenbrink, sebagai seorang yang lahir dari tradisi dan lingkungan yang menghargai pluralitas dan karenanya memiliki concern terhadap dialog dan kerjasama antar tradisi keagamaan, Karel A.Steenbrink tidak menyangkal bahwa hubungan Islam dan Barat memiliki pengaruh terhadap kajian orientalisme atau sebaliknya kajian orientalisme juga telah membawa akses terjadinya ketegangan kedua tradisi itu.
Makalah ini mencoba mengkaji pemikiran Karel A. Steenbrink di seputar di kursus orientalisme dalam konteks hubungan Barat dengan Islam. Alasan dipilihnya pemikiran Karel A.Steenbrink subjek kajian, tidak saja karena pemikiran itu di lahirkan dari pemahamannya tentang tradisi orientalisme, dimana ia menjadi besar, tetapi juga tentang Islam dan study Islam (termasuk di Indonesia), dimana ia sendiri melihat dan membuktikannya. Dengan demikian, di harapkan mendapatkan informasi yang lebih terjamin keobjektifannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teman-teman yang mendukung, yaitu :